Skuter Listrik Ala Lambretta Segera Tayang, Hanya Rp23 Jutaan

Motor listrik Blacksmith B3
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA – Ada dua tipe sepeda motor yang saat ini sedang jadi tren di Indonesia, yakni skuter matik beraliran klasik dan motor listrik. Sayang, kedua tipe itu belum hadir dalam satu wujud.

Honda sebenarnya sudah memiliki PCX Electric, namun desainnya modern dan statusnya saat ini baru disewakan. Viar dan Gesits sudah menghadirkan motor bebas emisi juga, tapi bentuknya masih condong pada kuda besi zaman sekarang.

Ada satu produsen sepeda motor, yang mendesain produknya ala skuter klasik dan memasang dinamo serta baterai sebagai penggeraknya. Tapi, peluncuran resminya baru akan dilakukan beberapa bulan lagi.

Dilansir dari Greatbiker, Senin 2 September 2019, tampilan motor yang diberi nama Blacksmith B3 itu mirip dengan skuter Lambretta asal Italia. Mulai dari panjangnya bodi, hingga desain kotak yang diusung.

Perusahaan asal India tersebut memakai dinamo yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 19,6 daya kuda dan torsi 96 Newton meter. Karena tenaganya kecil, maka kecepatan maksimumnya hanya 50 kilometer per jam.

Baterai 72 Volt yang dipasang, bisa digunakan untuk menempuh jarak 120 kilometer. Sayangnya, tidak disebutkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang daya baterainya.

B3 sudah dibekali dengan  teknologi kekinian, mulai dari lampu depan proyektor LED hingga pemantau status kendaraan via smartphone. Harga jualnya di kisaran 50 ribu Baht, atau sekitar Rp23 jutaan.