Honda Genio Bisa Diubah Jadi Skuter Listrik

Honda Genio
Sumber :
  • VIVA/Septian Farhan

VIVA – Belum lama ini, Honda menghadirkan sepeda motor baru untuk konsumen di Indonesia. Kendaraan berjenis skuter matik itu diberi nama Genio.

Meski dimensinya mirip dengan skuter matik Honda BeAT, namun Genio dibangun menggunakan platform baru yang disebut enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF.

Sesuai namanya, rangka ini nantinya bisa dikembangkan untuk produk Honda lainnya. Hal itu diungkapkan oleh General Manager Plant PT Astra Honda Motor Cikarang, Dodi Sutriadi.

“Rangka ini universal, tinggal didesain mau seperti apa, bentuknya bagaimana,” ujarnya di Jakarta, Kamis 12 September 2019.

Baca juga: Detik-detik Pengemudi dan Penumpang Tidur Pulas saat Melaju di Tol

Lebih jauh Dodi menjelaskan, eSAF tidak hanya bisa dipakai untuk skuter matik bermesin konvensional, namun juga kendaraan berbasis listrik.

Uniknya, hal itu dapat dilakukan tanpa memerlukan banyak ubahan. Rancangan platform ini mirip dengan Toyota New Global Architecture atau TNGA, yang saat ini diaplikasikan pada beberapa mobil hybrd milik Toyota.

“Pasti bisa (dipakai sebagai rangka motor listrik). Tinggal desainnya saja nanti yang seperti apa. Mungkin, lekukannya yang berbeda,” tuturnya.

Meski demikian, hingga saat ini AHM belum berencana untuk memproduksi kuda besi berenergi setrum. Seperti yang diungkapkan oleh Technical Service Division AHM, Endro Sutarno.

“Pada dasarnya, bisa saja. Jenis sasis apa pun. Tapi, belum ada obrolan ke situ. Ini juga masih baru sekali,” kata Endro.