Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 16 September 2019 | 04:58 WIB

Bosan Kegerahan, Pria Ini Bikin AC untuk Helm

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • Indiatimes
AC untuk helm buatan sendiri

VIVA – Iklim tropis membuat masyarakat yang hidup di wilayah tersebut merasa gerah saat musim kemarau. Hal itu diperparah, jika harus terjebak macet saat mengendarai sepeda motor.

Helm sebagai alat keselamatan, wajib dikenakan. Bagi para pengguna helm half-face, mereka tidak perlu repot melepasnya saat berada di lampu pengatur lalu lintas.

Baca Juga

Namun untuk mereka yang memakai helm full face, hal itu bisa sangat menjengkelkan. Kamu bisa tiba di tempat tujuan dalam kondisi basah keringat, itu pun jika tidak lebih dulu pingsan akibat kekurangan oksigen.

Penderitaan itu juga dialami oleh seorang ilmuwan asal India, Sandeep Dahiya. Ia merasakan betapa repotnya harus mencopot helm dan meletakkannya di atas tangki, kemudian mengenakannya kembali ketika lampu berubah menjadi hijau.

Terpopuler

Baca juga: Gak Susah, Ini Cara Jitu Agar Motor 'Panjang Umur'

Berbekal ilmu yang dimilikinya, Sandeep merancang sebuah alat yang bisa membantu pengendara motor terbebas dari gerah dan panas. Hal itu dilakukan di garasi rumahnya, yang juga berfungsi sebagai bengkel.

Dilansir dari Indiatimes, Senin 16 September 2019, alat penyejuk helm rancangan Sandeep terdiri dari dua bagian, yakni kotak yang dibawa layaknya tas ransel dan selang.

Selang berfungsi sebagai penyalur udara sejuk ke dalam helm. Hawa dingin itu didapat dari perangkat yang biasa dipakai di pesawat luar angkasa, namun tersedia di pasaran dengan harga cukup terjangkau.

Perangkat yang dimaksud adalah peltier, yakni lempengan tipis yang dialiri oleh arus listrik dari aki. Satu sisi lempengan itu akan berubah menjadi dingin, sementara satu lagi panas. Hawa panas tersebut kemudian dibuang menggunakan kipas.

Sejuknya udara yang diembuskan ke dalam helm, tergantung dari seberapa banyak panas yang berhasil dibuang. Sebagai catatan, perangkat ini biasa dipakai di pendingin minuman yang tersedia untuk mobil.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kacamata Baca Canggih Buatan Anak Negeri
KABAR SIANG - lewat 3 tahun lalu