Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 21 September 2019 | 17:26 WIB

Pakai Teknologi Murah, Motor Kamu Enggak Lagi Butuh Standar

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • Youtube
Teknologi motor tanpa standar

VIVA – Beberapa waktu lalu, Honda dan Yamaha memamerkan kemampuan mereka menciptakan teknologi dalam bidang sepeda motor. Teknologi yang dimaksud, memungkinkan kendaraan beroda dua berdiri tegak tanpa membutuhkan standar.

Sayangnya, hingga saat ini ciptaan tersebut baru berupa konsep, dan tidak disebutkan apakah mereka akan menerapkannya pada produk yang dijual secara massal.

Baca Juga

Namun ternyata, keahlian tersebut bukan hanya milik dua pabrikan asal Jepang itu saja. Dilansir dari Rushlane, Sabtu 21 September 2019, sebuah perusahaan asal India, yakni Liger Mobility juga berhasil membuat teknologi yang sama.

Bahkan, mereka mengklaim bahwa biaya produksi fitur tersebut hanya 10 persen dari banderol sepeda motor. Jadi, misalnya harga Honda BeAT di Indonesia Rp16 juta, maka dengan menambahkan Rp1,6 juga kamu sudah bisa menikmati fitur keren itu.

Terpopuler

Uniknya lagi, teknologi ini bisa diterapkan di semua motor yang berbasis skuter matik. Sayangnya, perusahaan belum mau menjualnya secara massal, karena masih ingin bereksperimen lebih jauh.

Dengan adanya teknologi ini, maka pengendara tidak perlu lagi menjejakkan kaki saat berhenti di lampu pengatur lalu lintas.

Teknologi ini bukannya tanpa cacat. Untuk bisa membuat  motor tegak tanpa standar, dibutuhkan arus listrik yang cukup banyak, sebagai pasokan sensor dan alat penyeimbang yang bekerja secara terus menerus.

Topik Terkait