Skuter Matik Bongsor Andalan Yamaha Pakai Mesin Baru

Yamaha TMax DX.
Sumber :
  • Forwot

VIVA – Tak hanya di Indonesia, skuter matik juga menjadi sepeda motor favorit di beberapa negara yang ada di Eropa. Tentu saja, model yang paling laku berbeda dengan di Tanah Air.

Jika NMax menjadi penyumbang tertinggi penjualan Yamaha di pasar skuter matik bongsor, maka andalan mereka di Eropa adalah TMax. Motor tersebut juga dipasarkan di dalam negeri, meski peminatnya tidak banyak lantaran banderolnya setara mobil SUV.

Dilansir dari Greatbiker, Selasa 24 September 2019, Yamaha dikabarkan akan meluncurkan versi terbaru dari TMax. Secara fisik, tampilannya tidak jauh berbeda dari model DX yang dipasarkan saat ini.

Namun, pabrikan motor berlogo garpu tala itu menyematkan embel-embel All New, yang berarti ada perubahan besar. Secara desain, hanya fairing depan yang dibuat sedikit lebih besar, sementara sisa bodi lainnya tidak banyak berubah.

Ternyata, ubahan besar dilakukan Yamaha pada sektor mesin. Jika versi yang dijual saat ini memiliki spesifikasi dua silinder 530cc, maka All New TMax mengusung mesin 562cc.

Untuk bisa melakukan itu, Yamaha menambah ukuran piston menjadi 70 milimeter, sementara jarak langkahnya tidak berubah. Dengan penambahan kapasitas mesin, maka tenaganya naik menjadi 47 daya kuda, dari sebelumnya 45 daya kuda.

Meski kenaikannya tidak seberapa, namun kecepatan puncak yang didapat lebih tinggi 5 kilometer per jam, dan torsi terasa lebih merata di semua putaran mesin. Sayangnya, belum diketahui kapan All New TMax akan diluncurkan, serta berapa kisaran banderolnya.