Hal Sepele Ini Bisa Bikin Ribet saat Buru-buru Naik Motor

Kunci kontak motor.
Sumber :
  • Honda

VIVA – Sepeda motor masih menjadi andalan transportasi banyak masyarakat Indonesia. Terbukti, angka penjualannya setiap tahun enam kali lipat dari mobil.

Fungsi dari kendaraan bermotor roda dua ini bermacam-macam, mulai dari untuk berangkat ke sekolah atau kantor, membawa barang dagangan, hingga modal untuk mencari uang dengan bekerja sebagai ojek online.

Sama seperti kendaraan lain, sepeda motor perlu perawatan. Ada beberapa komponen yang wajib dirawat secara berkala, ada juga yang hanya butuh diperiksa sesekali saja. Jika tidak dilakukan, maka berpotensi menganggu perjalanan saat sedang terburu-buru.

Salah satu bagian motor yang terlihat sepele namun perlu juga dirawat, yakni lubang kunci kontak. Dilansir dari laman resmi Suzuki, Senin 30 September 2019, ada beberapa jenis kerusakan pada komponen ini, mulai dari macet hingga lubangnya longgar.

Baca Juga: Murah Mana, Sonic atau Satria?

Pada motor buatan 2002 ke atas, lubang kunci sudah dibekali dengan penutup khusus. Pastikan kamu menutup lubang saat meninggalkan motor, untuk menjaga debu dan kotoran menempel. Sebab, jika itu terjadi maka bisa membuat kunci macet.

Jika sudah macet, keringnya pengguna memaksa memutar kunci, sehingga menyebabkan lubang menjadi longgar. Kunci bisa dengan mudah jatuh, ketika motor sedang melaju.

Selain biasakan menutup lubang kunci, sesekali sempatkan waktu untuk melumasi lubang tersebut. Kamu bisa memakai semprotan yang berisi cairan penetran, atau oli yang masih bagus kondisinya. Jangan pakai oli bekas, sebab justru memicu terjadinya kerusakan.