Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 8 Oktober 2019 | 07:04 WIB

Wacana Motor Masuk Tol akan Terus Digulirkan Ketua MPR

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
Tol Bali

VIVA – Para pengguna sepeda motor di DKI Jakarta sudah biasa menyaksikan macet di berbagai ruas jalan. Mulai dari ujung Timur hingga Barat, Utara ke Selatan, tidak ada jalan yang lengang kala pagi dan sore hari.

Tak sedikit pula yang memandang dengan rasa iri ke arah jalan bebas hambatan, di mana mobil bisa berseliweran dengan cukup lancar. Tak heran, jika mata mereka berbinar saat Bambang Soesatyo mengatakan bahwa pemotor butuh keadilan.

Baca Juga

Hal itu ia utarakan, saat masih menjabat sebagai Ketua DPR RI. Kini, pria yang akrab disapa Bamsoet itu sudah resmi memiliki jabatan baru, yakni sebagai Ketua MPR RI.

Menurut dia, pengendara motor memiliki hak yang sama dengan para pengemudi mobil, karena sama-sama membayar pajak. Selain itu, ia juga memikirkan keselamatan para pemotor.

Terpopuler

“Itu untuk kepentingan dan keselamatan rakyat kita, yg belum mampu membeli mobil,” ujarnya melalui pesan singkat kepada VIVA.co.id, Senin 7 Oktober 2019.

Menurutnya, aturan sepeda motor berhak menikmati infrastruktur jalan bebas hambatan sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 44 tahun 2009.

Isinya, kendaraan bermotor roda dua merupakan moda transportasi dengan populasi yang cukup besar, sehingga perlu diberi kemudahan dalam menggunakan infrastruktur berupa jalan. Termasuk, jalan tol.

“Kalau roda empat punya kenikmatan bebas hambatan, kenapa pemilik roda dua tidak oleh menikmati? Kan uangnya sama-sama dipakai (untuk membangun jalan), bayar pajak yang sama,” tuturnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Ninoy Karundeng, Goodbye Pepsi & Bamsoet Ketua MPR
BERITA - sekitar 1 bulan lalu