Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 10 Oktober 2019 | 10:16 WIB

Ini Ruginya Motor yang Jarang Dirawat

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • Foto: Dok Astra Motor
Seorang montir tengah melakukan servis sepeda motor.

VIVA – Melakukan perawatan rutin diperlukan untuk memperpanjang usia motor. Jangan sampai 'kuda besi' kesayangan membuat repot di jalan.

Ada banyak ciri yang menandakan bahwa kendaraan roda dua itu jarang diperhatikan pemiliknya. Salah satunya adalah munculnya asap putih di knalpot. 

Baca Juga

"Nah, ini tandanya di bagian silinder motor ada yang aus," kata Technical Service Divison PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno, Kamis 10 Oktober 2019. 

Ia menyebut, adanya gas buang yang tidak wajar dari knalpot motor yaitu saringan udara tak diganti teratur. Sehingga kotoran mudah masuk ke ruang bakar. 

Terpopuler

"Ketika kotoran masuk ruang bakar, mengakibatkan keausan di silinder," tuturnya. 

Pergantian oli tak teratur juga menyebabkan masalah tersebut. Pemilik motor disarankan memerhatikan waktu pergantiannya. 

"Kalau tidak memerhatikan pergantiannya, volume oli yang ada di mesin berkurang. Ketika berkurang, akibatnya cepat timbulnya keausan di dalam mesin," kata dia.

Selain asap putih, tunggangan yang jarang dirawat juga menimbulkan suara berisik. Itu disebabkan karena saringan bahan bakar bermasalah. 

" Itu (brebet) karena sistem bahan bakar. Lakukan pengecekan saringan bahan bakar apakah kotor atau tidak. Lalu, cek juga saringan udara. Kalau kotor akan menghasilkan ngadat atau brebet," ungkapnya. 

Agar tak jadi masalah panjang, pemilik disarankan segera membawanya ke bengkel resmi terdekat. Nantinya, tekanan kompresi kendaraan akan diperiksa.

"Kalau tekanan kompresinya terlalu rendah, ada kebocoran, bisa dipastikan bahwa yang rusak adalah pistonnya, silindernya, atau seal klep.Jadi diukur dulu baru diperbaiki. Kalau dibiarkan lama bisa turun mesin," ujarnya. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mudik dengan Mobil
OTOMOTIF - lewat 3 tahun lalu