Ketemu Honda ADV 150 di Jalan, Begini Cara Bedakan Tipe ABS dan CBS

Honda ADV 150 meluncur di GIIAS 2019.
Sumber :
  • VIVA/Indra

VIVA – Beberapa waktu lalu, PT Astra Honda Motor membuat gempar lantai pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Mereka menghadirkan skuter matik baru, yang diberi nama ADV 150.

Meski mengandalkan transmisi otomatis, namun wujud motor dibuat gagah dengan konsep petualang. Rangkanya menggunakan model yang sama seperti Honda PCX 150.

Skutik petualang tersebut ditawarkan dalam dua varian, yang dibedakan dari sistem pengeremannya. Untuk tipe ABS-ISS harganya Rp36,5 juta on the road DKI dan tersedia dalam dua warna, yakni advance red dan advance white.

Sementara, tipe CBS-ISS dibanderol Rp33,5 juta dengan empat pilihan warna, yakni tough matte brown, tough silver, tough matte black dan tough red. ADV menjadi skutik ketiga Honda buatan Indonesia yang menggunakan mesin 150cc.

Jantung pacunya sama dengan PCX dan Vario. Dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI, skutik petualang itu dapat menyemburkan tenaga 14,5 daya kuda. Namun, secara torsi masih lebih besar ADV 0,6 Newton meter di 6.500 rpm.

Berdasarkan pengamatan VIVA.co.id, Kamis 10 Oktober 2019, perbedaan antara tipe CBS dan ABS bukan hanya pada sistem pengereman dan warnanya saja.

AHM juga menggunakan emblem yang berbeda untuk kedua tipe itu. Pada tipe CBS, emblem dipasang di dekat pembonceng dan menggunakan material tiga dimensi.

Sementara, tipe ABS yang lebih mahal harganya justru menggunakan emblem stiker biasa. Peletakannya bukan di dekat jok belakang, melainkan dekat kaki pengendara. Ukuran emblem juga lebih kecil dari tipe CBS.