Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 21 Oktober 2019 | 05:20 WIB

Banyak Negara Borong Skuter Matik Buatan Sunter

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • Astra Honda Motor
New Honda Beat eSP 2019.

VIVA – Indonesia bukan hanya sebagai negara tempat memasarkan kendaraan, namun juga basis produksi. Banyak jenis yang dibuat dan diekspor ke mancanegara, mulai dari mobil hingga sepeda motor.

Salah satu pabrikan motor yang melakukannya adalah PT Astra Honda Motor. Berbasis di Sunter, Jakarta Utara, produsen asal Jepang itu merakit dan mengapalkan beberapa model skuter matik.

Baca Juga

Salah satunya adalah Honda BeAT. Tak hanya menjadi motor terlaris di Tanah Air, kuda besi itu juga banyak diminati oleh konsumen di berbagai negara di Asia Tenggara.

Hal itu terbukti dari meningkatnya angka ekspor motor berkapasitas mesin 110cc tersebut. Berdasarkan data dari AHM, dikutip Minggu 20 Oktober 2019, pengiriman BeAT pada September 2019 mencapai 14.256 unit. Angka tersebut naik 43 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya, yang tercatat 9.984 unit.

Terpopuler

Berdasarkan data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia, pada bulan ke-9 tahun ini ekspor motor secara utuh tercatat sebanyak 79.798 unit.

Dari jumlah tersebut, skuter matik mendominasi dengan  60.169 unit, diikuti oleh segmen sport 10.598 unit, dan segmen motor bebek 9.031 unit. AHM sendiri menyumbang 42 persen, atau setara dengan 33.974 unit.

“Kami akan terus meningkatkan kontribusi produk anak bangsa di pasar motor internasional, sehingga dapat memberikan kebanggaan untuk bangsa kita,”ujar General Manager Overseas Business Division AHM, Kurniawati Slamet.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Honda PCX Listrik Resmi, Tapi Kok Enggak Bisa Dibeli?
OTOMOTIF - 9 bulan lalu