Masih Ada Motor Bekas Rp1 Juta yang Layak Pakai

Jual beli motor bekas.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA – Model yang ditawarkan serta kemudahan dalam hal pembayaran, membuat penjualan sepeda motor di Indonesia tak pernah sepi. Umumnya, konsumen lebih memilih untuk membeli kondisi baru, ketimbang bekas pakai.

Alasannya beragam, mulai dari masih primanya kondisi unit, hingga jaminan garansi yang ditawarkan. Meski demikian, bukan berarti pasar sepeda motor bekas sama sekali lesu.

Ketika membeli motor dalam kondisi bekas pakai, sudah tentu faktor penentunya adalah kondisi, tahun pembuatan serta harga. Jika motor baru yang laku kebanyakan yang ditawarkan dengan harga Rp15-20 juta, maka di bursa motor bekas yang banyak dicari adalah harga Rp5-10 juta.

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id di beberapa laman kendaraan bekas, Kamis 21 November 2019, ternyata ada beberapa motor yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp1 juta, namun kondisinya masih cukup layak pakai.

Rata-rata tahun pembuatannya di bawah 2000, dan beberapa masih dibekali dengan mesin dua tak, yang membutuhkan oli samping untuk bisa berfungsi normal. Kondisi umumnya mesin sehat, dan kelistrikan normal.

Kelemahan lain adalah, kebanyakan pajaknya sudah lama tidak dibayar, tapi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB masih ada. Melihat Nilai Jual Kendaraan Bermotor unit yang tidak mahal, maka pajak yang harus dilunasi tidak terlalu banyak, terutama jika memanfaatkan program pemutihan.

Lalu, motor apa saja yang bisa dibeli dengan dana kurang dari Rp1 juta dan masih layak pakai? Berikut daftarnya:

Honda Astrea Grand tahun 1997, Rp1 juta

Yamaha Alfa tahun 1991, Rp850 ribu

Suzuki Bravo tahun 1994, Rp800 ribu