Adu Harga Motor Bekas Honda PCX dan Yamaha NMax

Honda PCX
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Peminat sepeda motor bekas pakai di Indonesia, masih cukup banyak. Mereka yang memiliki keterbatasan anggaran, namun butuh kendaraan pribadi, akan memilih motor bekas ketimbang mengunjungi ruang pamer.

Harga yang ditawarkan otomatis lebih murah, namun kualitasnya tentu saja tidak seprima motor yang baru keluar dari pabrik. Keuntungan lain membeli motor bekas, yakni bisa langsung dipakai tanpa menunggu proses surat-surat.

Pedagang dari Talenta Motor yang berlokasi di Palmerah, Jakarta Barat, Yosia Hermanto mengatakan, saat ini peminat NMax kondisi bekas pakai cukup banyak. Bahkan, melebihi saingannya, Honda PCX 150.

“Kalau di pasar motor bekas, NMax lebih laku dari Honda PCX,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Soal harga, Yosia mengaku menawarkan ke pembeli dengan banderol bervariasi, tergantung dari tahun pembuatan dan kondisi.

“Lihat tahun dan kondisinya dulu. Contohnya, NMax rakitan 2018 harganya masih di atas Rp20 juta. Kalau rakitan 2016, harganya Rp19 juta,” tuturnya.

Honda PCX 150, kata Yosia, juga ada di lapak pedagang motor bekas. Soal harga, ternyata model lama hampir setara dengan yang dirakit 1-2 tahun lalu.

“Honda PCX 150 tahun 2018 itu sekitar Rp24 juta. Kalau yang model lama, harganya kurang lebih Rp22 juta,” ungkapnya.

Yosia mengaku, tidak mengetahui persis alasan harga PCX lama dan baru tidak selisih banyak. Ia hanya bisa menduga, hal itu ada hubungannya dengan proses produksi.

“Model lama kan impor dari Thailand. Kata orang, mesin PCX built up lebih halus suaranya. Tapi, PCX yang rakitan lokal juga laku kok,” jelasnya.