Polisi Resmi Pakai Motor Ducati Seharga Rp560 Juta

Ducati Panigale VR4 milik kepolisian Abu Dhabi
Sumber :
  • Rideapart

VIVA – Terkadang, polisi membutuhkan kendaraan yang bisa bergerak cepat untuk mengejar penjahat. Itu sebabnya, kini marak supercar dan mobil mewah dijadikan sebagai kendaraan patroli.

Jika diterjunkan di kawasan yang sering terjadi tindak kejahatan, maka cara ini bakal efektif mengurangi angka kriminalitas dan pelanggaran di jalan raya. Namun, akan aneh jadinya apabila sebuah kota yang kaya akan minyak memiliki mobil kencang sebagai alat bantu penegakan hukum.

Namun, hal itu benar-benar terjadi di Abu Dhabi. Dengan pendapatan per kapita US$61 ribu atau sekitar Rp860 juta, tak heran apabila semua yang ada di Ibu Kota Uni Emirat Arab itu bernuansa kemewahan. Termasuk, jajaran kendaraan operasional kepolisian mereka.

Dikutip dari Rideapart, Kamis 5 November 2019, garasi kepolisian Abu Dhabi saat ini berisi Lamborghini Huracan, Bugatti Veyron, dan Audi R8. Ada juga Lykan Hypersport, yang banderolnya mencapai US$3,4 juta atau sekitar Rp48 miliar.

Namun, hal itu dirasa kurang cukup. Polisi yang patroli menggunakan kendaraan beroda dua, belum mendapat jatah motor eksotik. Itu sebabnya, mereka mendatangkan Ducati Panigale VR4.

Motor yang dibekali mesin berkapasitas 998cc itu, mampu menghasilkan tenaga 221 daya kuda. Lebih dari cukup untuk mengejar para pelanggar lalu lintas, kecuali mereka harus berhadapan langsung dengan Valentino Rossi.

Soal harga, Abu Dhabi rela mengeluarkan dana sebesar US$40 ribu atau setara RP560 juta, untuk satu unitnya. Total ada delapan unit yang dibeli, namun tak menutup kemungkinan mereka akan menambahnya.