Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 10 Desember 2019 | 16:43 WIB

Sering Dikira Merek China, 4 Motor Ini Ternyata Asli Indonesia

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • VIVA/Farhan
Viar Q1 edisi terbaru.

VIVA – Pasar sepada motor yang begitu besar di Indonesia, membuat banyak pebisnis berani mendirikan pabrik perakitan dan gerai penjualan. Mulai dari perusahaan asal Jepang, hingga Eropa.

Bahkan, sekitar 10 tahun lalu marak beredar sepeda motor yang mengusung merek dari China. Sayangnya, dukungan purna jual yang kurang baik membuat penjualannya melempem.

Baca Juga

Saat ini, ada beberapa merek motor yang namanya masih jarang diketahui masyarakat di Tanah Air. Bahkan, banyak yang mengira merek yang diusung berasal dari Negeri Tirai Bambu.

Padahal, ada empat merek yang gencar menawarkan produknya di Indonesia dan mereka merupakan perusahaan lokal. Apa saja? Berikut daftarnya, dirangkum VIVA.co.id dari masing-masing laman resmi, Selasa 10 Desember 2019:

Terpopuler

Viar

Perusahaan ini bermarkas di Semarang, Jawa Tengah dan menawarkan berbagai model sepeda motor. Awalnya, Viar menjual kuda besi jenis trail dan all terrain vehicle. Namun, kini mereka menjadi pelopor dari pemasaran sepeda motor listrik.

Happy

Merek ini berawal dari sebuah pabrik perakitan sepeda motor di Malang, Jawa Timur, yang resmi berdiri pada 1999. Rata-rata produk yang ditawarkan adalah motor roda tiga untuk mengangkut barang, dan trail.

Kaisar

Bermarkas di Citeureup, Bogor, Kaisar juga memproduksi sepeda motor roda tiga untuk barang. Namun, mereka memiliki produk lain yang tidak kalah menarik, yakni motor cruiser. Merek Kaisar resmi beroperasi pada 2003.

Soib

Banyak yang mengira, Soib adalah merek motor China yang memiliki pabrik di Eropa. Kenyataannya, Soib merakit kuda besi di Bogor, Jawa Barat. Model yang ditawarkan mirip motor buatan Eropa, dan perusahaan ini berdiri di bawah bendera PT Hobby Motor.

 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Runtuhnya Keraton Agung Sejagat!
TVONE NEWS - 10 menit lalu