Pesaing Piaggio MP3 dan Yamaha Tricity Mengaspal di Indonesia

Sepeda motor roda empat, Qooder
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sama seperti motor bebek dan sport, skuter matik juga hadir dalam beberapa varian. Jika sebelumya hanya ada skutik biasa, kini sudah marak yang ukurannya bongsor.

Beberapa produsen motor juga menawarkan skutik lain dengan wujud yang berbeda, yakni beroda tiga. Contohnya, Piaggio MP3, Can-Am Spyder dan Yamaha Tricity.

Kini, muncul satu model lagi, yaitu skuter matik beroda empat. Adalah perusahaan asal Swiss, Qooder yang menawarkannya di Indonesia.

Berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan, Qooder resmi membuka selubung motor yang memiliki arti Quad Scooter itu. GForce Republic ditunjuk sebagai distibutornya.

Suspensi depannya mirip dengan Tricity dan MP3, Qooder memakai teknologi Hydraulic Tilting System atau HTS untuk menstabilkan kedua roda depan.

Dengan sistem tersebut, masing-masing roda bisa bekerja secara independen, sesuai dengan kontur jalan. Jadi, pengendara tidak perlu khawatir mengendarainya di jalur yang kurang bersahabat.

“Stabilitas dibutuhkan, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan di kondisi apa pun. Di Qooder, kami menerjemahkannya melalui banyaknya roda. Bukan dua, bukan tiga, tapi empat," kata Sales and Marketing Director Gforce Republic, Budi Kurniawan di lokasi, Jumat 13 Desember 2019.

Ukurannya yang bongsor, sesuai dengan mesin yang dipasang. Qooder memakai mesin berkapasitas 400cc, yang dapat menghasilkan tenaga 32,5 daya kuda dan torsi 38,5 daya kuda.

Soal harga, jangan kaget. Karena statusnya impor dan mengusung mesin lebih dari 250cc, maka Qooder dikenakan pajak tambahan. Motor ini dibanderol Rp357 juta, dengan status on the road Jakarta.