Loket Bayar Parkir Motor Ini Pakai Portal Unik

Portal manual
Sumber :
  • Instagram @dramaojol.id

VIVA – Agar tidak mengganggu arus lalu lintas, setiap kendaraan diwajibkan parkir di tempat yang telah disediakan. Area tersebut umumnya dilengkapi dengan pos khusus, untuk pengambilan karcis dan pembayaran sewa lahan parkir.

Pos dibuat untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan, yang biasanya berupa pencurian kendaraan. Pada loket yang tersedia, pemilik mobil harus menyerahkan karcis, sementara pengendara sepeda motor juga perlu menunjukkan surat tanda nomor kendaraan atau STNK.

Pada setiap pos atau loket, juga dipasangi portal. Gunanya, agar pengendara motor tidak bisa langsung pergi tanpa menyelesaikan pembayaran dan memperlihatkan bukti kepemilikan kendaraan mereka.

Portal dirancang untuk membuka dan menutup secara otomatis, setelah pembayaran selesai dilakukan. Di bagian bawahnya ada sensor, yang akan mendeteksi apakah motor sudah lewat, dan akan menutup untuk menghalangi pemotor berikutnya.

Namun, ada juga portal yang menggunakan sistem manual. Seperti yang terlihat pada video di bawah ini. Dilansir dari laman Instagram @dramaojol, Jumat 24 Januari 2020, mekanisme portal itu mengandalkan tenaga seorang perempuan.

Ia duduk tepat di depan pos, sembari memegang tongkat kecil yang difungsikan sebagai portal. Saat pemotor selesai melakukan pembayaran, ia akan mengangkat tongkat dalam genggamannya, lalu menurunkannya lagi.

Warganet tidak tahan, untuk tidak memberi komentar yang jenaka.

“Nyelonong mah pentung aja,” tulis salah satu warganet.

“Bisa mukul jg klo g bayar,” kata warganet lainnya.