Kisah Pemotor Nakal Adu Cerdik dengan Polisi

Pemotor tertangkap kamera ETLE melakukan pelanggaran lalu lintas.
Sumber :
  • Korlantas Polri

VIVA – Meski aturan lalu lintas sudah dibuat seketat mungkin, namun masih saja ada pengguna jalan yang melanggarnya. Tak jarang, mereka melakukannya dengan sengaja.

Cara yang ditempuh agar tidak kena sanksi bermacam-macam, mulai dari mengawasi situasi terlebih dulu hingga nekat melawan arus ketika hendak dicegat petugas.

Bahkan, ada juga yang berusaha mengakali sistem Electronic Traffic Law Enforcement atau tilang elektronik. Seperti yang dilakukan pemotor satu ini.

Dikutip dari laman Korps Lalu Lintas Polri, Jumat 7 Februari 2020, dua orang yang berboncengan mengendarai sepeda motor tertangkap kamera sedang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Baca Juga: Belum 5 Tahun, Mobil Bekas Ini Murah

Mereka menggunakan jalur TransJakarta yang ada di kawasan Mampang, Jakarta Selatan agar tidak terjebak kemacetan. Pada titik tersebut, Polda Metro Jaya sudah memasang kamera ETLE yang dapat mendeteksi pelanggaran sepeda motor.

Sepertinya hal itu sudah diketahui oleh pengendara, karena ia sengaja menutup pelat nomor dengan tangan kirinya. Alhasil, kamera tidak bisa merekam data kendaraan tersebut. Meski demikian, Polda Metro Jaya mengaku memiliki teknik khusus untuk mencari tahu identitas pemotor tersebut.

“Kami identifikasi melalui pencocokan di kamera lainnya, dan ciri wajah yang bersangkutan akan kami cari melalui database kependudukan,” ujar Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar.

Sebagai informasi, sejak diterapkan mulai 1 Februari 2020, sudah ada ratusan pengendara motor yang tertangkap kamera ETLE melakukan pelanggaran.