Suzuki Luncurkan Satria F150 Edisi Crossover

Suzuki Raider J Crossover
Sumber :
  • Motosaigon

VIVA – Sejak skuter matik hadir di Indonesia, pasar sepeda motor jenis bebek terus mengalami penurunan. Saat ini, pangsa pasarnya kurang dari 10 persen dari total keseluruhan penjualan.

Dari semua jenis motor bebek yang ditawarkan, ada yang mengusung model underbone, yaitu Suzuki Satria F150. Dikenal sebagai motor kencang, kendaraan bermotor roda dua ini sangat digemari oleh anak muda penyuka balap.

Sayangnya, pembaruan total terakhir kali dilakukan Suzuki empat tahun lalu. Pada 2019, mereka hanya menawarkan Satria F150 dengan warna dan grafis baru saja.

Namun, hal berbeda dilakukan oleh Suzuki Filipina. Dikutip dari Motosaigon, Kamis 20 Februari 2020, motor yang di negara tersebut diberi nama Raider itu hadir dalam wujud yang berbeda.

Baca juga: Razia Motor Gaya Begini Bikin Netizen Lemas Dengkul

Oleh Suzuki Filipina, Raider dirombak menjadi kuda besi bergaya petualang. Suspensi depannya dibuat sedikit lebih panjang, dan banya diganti dengan model yang bisa digunakan di medan tanah.

Spatbor depan juga diubah desainnya, jadi mirip motor trail. Peleknya menggunakan model jari-jari, yang memang lebih ampuh dipakai di medan off road ketimbang pelek palang.

Sistem pengereman belakang diubah, dari cakram menjadi teromol. Lengan ayunnya juga diubah jadi mirip motor bebek pada umumnya, lengkap dengan dua suspensi.

Suzuki juga melakukan ubahan pada mesin. Jika Satria F150 memakai mesin yang nyaris tegak, maka motor yang diberi nama Raider J Crossover ini menggunakan mesin tidur. Kapasitasnya dipangkas, dari 150cc menjadi hanya 115cc.

Soal harga, motor tersebut dibanderol 63.900 Peso Filipina. Jika dikonversi, maka nilainya sama dengan Rp17 juta.