Kronologi Ojek Pangkalan Minta Rp750 Ribu Rute Kalideres-Tanjung Duren

Opang yang cekcok dengan penumpang.
Sumber :
  • Repro Video.

VIVA – Sebuah video yang menunjukkan tukang ojek pangkalan atau opang mematok harga Rp750 ribu kepada penumpang yang berangkat dari Kalideres menuju Tanjung Duren viral di sosial media. Video berdurasi 5.51 menit itu memperlihatkan suasana cekcok antara tiga ojek pangkalan dan seorang penumpang.

Sang ojek bersikeras meminta agar masing-masing dari ketiga penumpangnya membayar jasa senilai Rp150 ribu. Sedangkan sang penumpang hanya bisa membayar diangka Rp100 ribu saja. 

"Dari Kalideres ke sini per orang Rp150 ribu, jadi tiga orang Rp450 ribu. Awalnya minta Rp250 ribu (Dikali 3 jadi Rp750) per orang," celoteh penumpang sambil merekam suasana debat melalui ponsel miliknya, dikutip VIVA, Jumat 21 Februari 2020. 

Baca juga: Ojek Pangkalan Kalideres Paksa Penumpang Naik dan Bayar Rp750 Ribu

Merasa angka itu tidak masuk akal sang penumpang lantas menawar harga Rp300 ribu untuk tiga orang. Namun, hasil negosiasi itu gagal total mana kala tiga penumpang sudah sampai ke tempat tujuan. Mereka dipaksa membayar Rp150 ribu untuk masing-masing penumpang. 

"Yah sudah, sekarang gini. Dari Kalideres ke sini (Tanjung Duren) kami tawar Rp100 ribu karena enggak ada kesepakatan diawal," kata penumpang. 

Sikap penumpang pun membuat geram opang. Mereka mengancam akan mengambil barang bawaan milik ketiga lelaki yang diduga berasal dari daerah Jawa itu, jika tetap tidak membayar sesuai angka yang diminta.

"Saya enggak salah," tegas salah satu tukang ojek

"Sebenarnya mau bayar cuman ngulur-ngulur doang. Bukan begitu mas? Terlalu lama ini, mas," kata ojek yang lain ikut menimpali.

Desakan tersebut tidak lantas membuat ketiga penumpang memberikan angka yang diminta. Justru, seorang penumpang mempersilakan tukang ojek membawa barang bawaan mereka. 

"Kalau bapak mau bawa tas, silakan. Enggak apa-apa," ucapnya. 

Tak berselang lama, penumpang yang merekam adegan cek-cokan itu pun melunak. Namun, Ia hanya bisa memberikan uang senilai Rp350 ribu ke salah satu ojek yang berada di sampingnya. Sebab sang penumpang tidak memiliki uang lagi. 

Meski begitu, sang ojek tetap meminta tambahan uang agar mencapai angka Rp450 ribu. Mereka pun meminta tambahan ke  penumpang lainnya. "Masa Rp350 ribu masih kurang, pak? Kita benar-benar enggak punya uang lagi," kata sang penumpang.

Sang ojek terus meminta dan terpaksa penumpang lainnya menambahkan sisa uang. Tukang ojek yang menerima uang itu pun memaksa agar penumpang lainnya memberikan Rp100 ribu lagi. 

Sang penumpang lainnya pun mengambil uang yang ia selipkan di dalam pelindung ponsel, lantas memberikan uang itu ke tukang ojek. Mereka pun akhirnya saling bersalaman dan tukang ojek yang menerima uang itu pun berkata "Harus sabar tidak boleh emosi," ujarnya sembari meninggalkan penumpang tersebut.