Intip 'Dalaman' Motor Moge Baru Honda CBR500R

Honda CBR500R.
Sumber :
  • Dian Tami/VIVAcoid

VIVA.co.id – PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan Honda CBR500R sebagai line up terbaru jajaran big bike di Indonesia, Jumat, 26 Februari 2016.

Resmi memiliki garis baru yang lebih agresif dan mengalir dari sisi depan ke belakang, motor ini didukung mesin 500cc DOHC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 35kw dan konsumsi bahan bakar 26,8 km/liter dengan mode WMTC.

Terdapat rangka besi diamond tub, keseluruhan styling motor berubah, dan mampu menghasilkan bentuk yang lebih aerodinamis. Hal tersebut mampu membuat pengendara melesat lebih sempurna. Adanya lampu depan dan belakang LED motor ini diklaim tampil lebih elegan.

Kapasitas tangki yang semakin besar dengan pengembangan detail tutup tangki hinged fuel cap dan sistem pengereman yang diatur sampai lima level, membuat motor ini lebih nyaman digunakan, terlebih dengan adanya perubahan bentuk tempat duduk dan penggunaan kunci kontak bergelombang atau wave.

Sensasi berkendara dinilai lebih meningkat karena adanya penambahan  suspensi depan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara. Pengaturan shift drum dengan desain baru yang dapat menghasilkan perpindahan transmisi lebih lembut, short muffler baru dengan suara yang semakin khas dan berkelas semakin memancarkan karakter mesin CBR.

Dalam pengembangan model ini Honda berkomitmen untuk mempertahankan modelnya yang tetap compact, namun dapat tampil unik dengan garis yang tajam. Mengadopsi DNA CBR1000RR yang memiliki garis bodi berkarakter sporty dengan desain super sporty yang agresif, tampilan sisi depan yang dilengkapi dengan bentuk fairing semakin tajam dan sporty semakin terlihat.

Sudut yang tajam dari lampu depan ganda dengan teknologi LED tampil compact  dengan pencahayaan terang serta dikombinasikan dengan lampu senja (postion lamp) yang mampu berkontribusi dengan baik.

Pijakan kaki pengendara dan pembonceng semakin berkualitas dengan penyematan alumunium die-cast yang terintegrasi dengan pegangan pembonceng.  Kursi pembonceng terlihat lebih kecil dengan diberi sentuhan lensa lampu belakang LED.

Adanya fitur dasbor yang  lengkap  dilengkapi dengan speedometer digital, takometer digital,odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar menambah kesan elegan pada motor. Terdapat HISS (Honda Intelligent Security System) yang terintegrasi dengan kunci kontak semakin membuat pengendara nyaman.

Menggendong mesin 8-valve liquid-cooled parallel twin, CBR500R mampu menghasilkan tenaga hingga 35kW di 8.500 rpm dan torsi 43Nm pada 7.000 rpm. Memiliki Ukuran diameter dan langkah model 67mm x 66.8mm; cranckshaft motor ini dinilai dapat bergerak bebas dan lincah.

Ketinggian jok 785mm, serta dimensi keseluruhan 2081mm x 756mm x 1150mm dan jarak ke tanah 140mm, motor ini memiliki kapasitas tangki sebesar 16.7 liter.

Selain itu, CBR500R memiliki pelek berukuran 17 inchi dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari  yang saling bersilangan.  Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17.  Rem cakram depan beralur gelombang dengan ukuran 320mm dan kaliper rem berpiston ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan kaliper piston tunggal.  Pemasangan di tipe ABS sama dengan tipe standar.

Hadir dengan dua pilihan warna yaitu Gunpowder Black dan Millenium Red, Honda CBR500R dibanderol  dengan harga Rp144 juta on the road Jakarta.