Trik Usir Hawa Panas di Mobil Usai Parkir di Terik Matahari

Ilustrasi kabin mobil
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA – Anda pasti pernah memarkir mobil di lahan terbuka. Sat siang hari, kabin pun ikut panas dibuatnya karena lama ditinggal di bawah terik matahari.

Bagi pengendara awam, biasanya langsung menyalakan AC mobil ketika menghadapi situasi seperti ini. Nyatanya hal tersebut tidak baik bagi mobil Anda dalam waktu jangka panjang.

Untuk meredakan suhu yang panas, ada beberapa langkah yang bisa diterapkan. Seperti dilansir situs resmi Nissan, Senin 12 November 2018, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka jendela mobil guna mengeluarkan udara panas melewati celah jendela.

Jendela sebagai sirkulasi udara tidak dapat dihindari untuk bertukar udara. Walaupun suhu di luar sedang panas-panasnya karena sedang berada tepat jam 12 siang. Lakukan hal ini demi usia mobil yang panjang.

Selanjutnya saat menghadapi suhu panas di dalam mobil biasanya orang awam cenderung menyalakan AC setelah masuk ke dalam kabin mobil. Tanpa mereka ketahui, AC hanya dapat berkerja dengan baik jika berada dalam suhu optimal. Sehingga kinerjanya tidak maksimal dan tidak dapat membuat suhu panas dalam mobil Anda turun seketika.

Hal ini malah memancing kerusakan pada AC dan menurunkan performa mobil. Sebagus apapun jenis mobilnya. Hal ini adalah salah satu bentuk perawatan terhadap mobil.