Tips Penting Memilih Asuransi Kecelakaan, Jangan Sampai Menyesal

Ilustrasi pengendara.
Sumber :

VIVA – Tak dipungkiri jika asuransi masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Hal itu diperparah dengan adanya beberapa perusahaan asuransi yang dianggap kurang profesional dalam memberikan pelayanan kepada customernya.

Proses klaim yang berbelit-belit bahkan terkadang dipersulit masih jadi isu utama di bisnis asuransi tanah air. Padahal, saat ini ada beberapa perusahaan asuransi yang benar-benar mengedepankan kebutuhan customer termasuk proses klaim yang relatif mudah.

Faktanya, keberadaan asuransi terkadang sangat membantu terutama saat terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Begitu pentingnya asuransi ini tentu harus disikapi dengan ketelitian dan kejelian dalam menentukan perusahaan asuransi mana yang akan dipilih.

Dan menurut Adrianto, SVP Business Management Asuransi Astra, ada beberapa jurus atau tips untuk memilih asuransi. Pertama, menurut Adrianto, mengetahui kebutuhan asuransi apa yang akan diambil bisa asuransi kesehatan, pendidikan, atau kendaraan. Dengan kata lain, harus mengenali produk yang ditawarkan.

"Lalu yang kedua, tujuan asuransi kan untuk melindungi aset jadi kita harus tahu perusahaan asuransi tersebut bonafide atau enggak. Komitmen buat bayar klaim atau tidak," kata Adrianto saat ditemui VIVA beberapa waktu lalu.

Untuk mengetahui bonafide atau tidak serta komit membayar klaim atau tidak, menurut Adrianto, dapat dilakukan dengan melihat track record perusahaan asuransi tersebut dan juga referensi dari berbagai pihak tentunya. Selain itu tentu harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Bisa lihat track record dan referensi contohnya Asuransi Astra. Astra kan perusahaan dengan keuangan kuat dan dibackup grup yang kuat pula," kata Adrianto.

Sedangkan tips yang ketiga untuk memilih asuransi idaman adalah dengan melihat komitmen pelayanan yang diberikan kepada para customernya. "Selanjutnya adalah komitmen pelayanannya. Apakah memberikan kemudahan terhadap klaim atau justru mempersulit," katanya.

Di Asuransi Astra sendiri, komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dapat dilihat dari banyaknya kantor yang tersebar di berbagai kota. Bahkan untuk 'menjemput bola', Asuransi Astra juga telah membangun Garda Center di mal-mal.

Tak hanya itu, bahkan belum lama ini Asuransi Astra juga telah meluncurkan produk terbarunya happyone.id. Produk digital happyone.id ini sendiri terdiri dari happyMe yang merupakan asuransi kecelakaan diri, happyHome yakni asuransi untuk perlindungan rumah dari bahaya kebakaran, happyEdu (asuransi pendidikan untuk anak apabila tertanggung meninggal dunia dan happyTrip atau asuransi perjalanan.

Yang tak kalah menarik, perlindungan komplet dari happyOne.id ini juga memberikan pilihan premi yang terbilang 'murah' untuk beberapa paketannya mulai Rp399 ribu.

Ditulis oleh: Toto Pribadi