Cabut Kabel Aki Lebih dari Satu Pekan, Ada Efek Buruknya

Aki mobil
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Saat libur panjang, tidak semua warga perkotaan mau menggunakan kendaraan pribadi mereka untuk bepergian ke kampung halaman atau kawasan wisata. Beberapa ada yang memilih menyewa mobil atau menggunakan pesawat terbang.

Otomatis, mobil pribadi tidak terpakai dan harus ditinggalkan di rumah. Karena waktu berliburnya cukup lama, beberapa orang mengira, melepas kabel aki adalah langkah yang tepat untuk mencegah berkurangnya catu daya.

Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, melepas kabel aki dalam jangka waktu lama bisa berdampak pada fitur yang ada di mobil.

"Secara umum, aki berkurang tiga persen setiap hari dari kapasitasnya saat terpasang. Kira-kira kurang dari sepuluh hari, masih aman mobil ditinggal tanpa dilepas. Efek terburuk aki dilepas, pengaturan radio atau jam digital akan berubah, selain alarm tidak berfungsi," ujarnya kepada VIVA, Rabu 26 Desember 2018.

Hal senada juga disampaikan Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Dia mengatakan, melepas kabel aki dalam jangka waktu lama akan memengaruhi kinerja mesin.

"Kalau Avanza, throttle akan reset. Camry, throttle dan power window. Biasanya, langsam jadi lebih rendah, otomatis mesin getar dan mudah mati," tuturnya. (kwo)