Cicilan Mobil Lunas, Segera Ganti Oli yang Lebih Kental

Ilustrasi mengganti oli mesin mobil
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Setiap kendaraan memerlukan perawatan berkala. Ini diperlukan, agar kondisinya selalu dalam keadaan terbaik dan siap digunakan.

Perawatan berkala yang paling umum dilakukan pemilik kendaraan adalah mengganti pelumas atau oli. Hal ini berlaku untuk mesin dan transmisi. Biasanya, pergantian dilakukan dengan memerhatikan jarak tempuh kendaraan tersebut.

Bicara soal pelumas, mobil-mobil baru yang dijual saat ini sudah menggunakan oli dengan tingkat spesifikasi encer. Seperti dilansir dari laman resmi Total Indonesia, Selasa 8 Januari 2019.

Alasan penggunaan oli jenis tersebut, karena perkembangan material yang digunakan dan sistem produksi kendaraan saat ini sudah lebih presisi. Alhasil, produsen mobil mampu membuat mesin dengan celah yang semakin rapat.

Semakin rapatnya celah, membuat mesin modern membutuhkan pelumas yang semakin encer. Di era 1980-an, rekomendasi oli mesin yang digunakan memiliki tingkat kekentalan SAE 20W-50.

Di akhir 1990-an, mesin mobil mulai membutuhkan oli dengan spesifikasi SAE 10W-40. Lalu sekitar awal 2000-an, beberapa produsen mobil mulai merekomendasikan penggunaan oli mesin dengan viskositas SAE 10W-30.

Namun setelah usia pakai lebih dari beberapa tahun, perlu penyesuaian tingkat kekentalan oli mesin yang digunakan. Penyebabnya, gesekan antar komponen logam di dalam mesin membuat celah yang ada semakin renggang.

Biasanya, penggantian oli dengan viskositas yang lebih kental adalah saat kredit mobil telah lunas, yakni 3-5 tahun. (kwo)