Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 23 Januari 2019 | 16:19 WIB

Tak Mau Beli Mobil Bekas Tabrakan, Cek Tanda di Pintu Ini

Team VIVA »
Krisna Wicaksono
Foto :
  • Istimewa
Ilustrasi pemeriksaan kondisi mobil bekas

VIVA – Mobil bekas menjadi solusi bagi mereka, yang ingin memiliki kendaraan dengan dana pas-pasan. Kemudahan yang didapatkan adalah, selain harganya lebih murah dari baru, proses memilikinya juga cepat.

Jika sudah cocok dengan mobil yang diinginkan, maka pembeli hanya perlu membayarnya dan kendaraan bisa langsung dibawa beserta surat-suratnya.

Baca Juga

Meski demikian, tidak jarang pembeli merasa tertipu dengan kondisi mobil tersebut. Walau mereka bisa saja menyewa jasa montir langganan, namun itu bukan jaminan mendapatkan unit yang bagus.

Celah itu yang dimanfaatkan OtoSpector, perusahaan penyedia layanan inspeksi kendaraan. Bermodalkan 10 tenaga ahli, mereka siap dipanggil untuk memeriksa kondisi mobil yang hendak dibeli. Hal itu diungkapkan Chief Executiver Officer OtoSpector, Jeffrey Andika.

Terpopuler

“Selain panggilan via telepon, kami juga bekerja sama dengan OLX. Jadi, konsumen yang beli mobil di laman jual beli itu bisa memilih opsi pengecekan. Biayanya mulai dari Rp385 ribu,” ujarnya di Jakarta, Rabu 23 Januari 2019.

Ada lebih dari 150 komponen yang diperiksa, terbagi menjadi tiga bagian, yakni eksterior, interior dan mesin. Salah satu yang diperiksa adalah apakah mobil tersebut pernah tabrakan parah.

“Coba cek sealer di pinggir pintu (garis menonjol di bagian dalam pintu sisi luar). Itu hanya ada di pintu buatan pabrik. Kalau pernah diganti, meski di diler resmi, enggak ada tanda itu,” jelas salah satu pemeriksa, Fernandes. (ann)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mudik dengan Mobil
OTOMOTIF - lewat 3 tahun lalu