Cara Bonceng yang Aman di Motor Sport, Wajib Tahu

Naik motor berboncengan.
Sumber :
  • Hipwee

VIVA – Saat ini, masyarakat Indonesia masih mengandalkan sepeda motor untuk bepergian, baik sendiri maupun berboncengan. Tak jarang, sebagian pemotor ada yang membawa lebih satu penumpang, seolah itu merupakan hal yang lumrah.

Namun demikian, dengan alasan apapun, membawa lebih dari satu penumpang saat bepergian tak disarankan, lantaran cukup berisiko dan membahayakan. Tidak hanya bagi diri sendiri, melainkan pengguna jalan lainnya juga.

Yang perlu diperhatikan adalah saat menggunakan sepeda motor jenis sport. Berboncengan dengan motor 'laki' itu lebih sulit ketimbang 'kuda besi' model lainnya, seperti skuter matik atau underbone. 

Dilansir dari laman Suzuki, Senin 4 Februari 2019, persiapan pertama yang dilakukan ketika berboncengan yakni menambah angin ban motor. Karena, saat membawa penumpang secara otomatis akan menambah beban kendaraan.

Yang tak kalah penting adalah posisi duduk penumpang. Perlu diingat, saat posisi duduk, penumpang jangan sampai miring sebelah. Gunakan pijakan kaki yang tersedia, dan jangan sampai memijak pada knalpot. 

Pemotor atau pembonceng juga harus lebih halus saat mengoperasikan motor, apalagi ketika perpindahan gigi dan memutar tuas gas. Termasuk, pengoperasian kopling dan rem. (kwo)