Pasang Kaca Film Depan, Perhatikan Hal Ini

Kaca Film mobil.
Sumber :

VIVA – Lapisan film kini banyak dipakai untuk meredam panas dan sinar UV, yang masuk ke kabin mobil. Pada kendaraan baru, lembaran pelindung panas tersebut hanya dipasang di kaca samping dan belakang.

Pedagang kaca film dari Toko V-Two Film, April mengatakan, kaca film juga sebaiknya diaplikasikan pada bagian kaca depan mobil, untuk mereduksi panas dan sinar UV.

"Setahu saya, kalau untuk mobil merek Eropa, kaca depan standarnya sudah bagus dan ada pelindung panas. Nah untuk mobil standar, sebaiknya pasang (kaca film)," ujarnya kepada VIVA, Kamis 28 Februari 2019.

April mengatakan, melapisi kaca depan dengan lembaran film bukan hanya berfungsi mengurangi panas. Pelapis film juga berfungsi memperpanjang usia dasbor dan komponen di bawah kaca, terutama saat diparkir di bawah terik matahari.

Soal jenisnya, harus dipilih pelapis film yang melindungi panas maksimal, namun tidak membuat pandang pengemudi menjadi gelap dan terganggu.

Bagi yang belum yakin memasang film untuk seluruh permukaan kaca depan, April mengatakan, bisa memasang sedikit saja sebagai pengusir silau. Biasanya, film hanya dipasang sekitar 15 sentimeter dari bagian paling atas kaca.

"Biasanya pakai film yang 40 persen dan yang bagus, jadi enggak gelap pas malam. Harganya, mulai dari Rp1,25 juta yang full. Kalau yang segaris, itu tergantung jenis mobil dan lebar kacanya," tuturnya. (yns)