Pahami Ciri Mobil Bekas yang Pernah Diketok Magic

Ketok magic modern di Bengkel PDR.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – Tak semua masyarakat mampu membeli mobil baru. Salah satu halangannya adalah soal harga. Karena itu, jalan alternatif memiliki mobil adalah dengan membelinya dalam kondisi bekas.

Namun, membeli mobil bekas bukan perkara mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya, kelayakan kondisi bodi.

Tampilan adalah hal pertama yang selalu jadi pertimbangan pembeli. Sebab ia terlihat oleh mata. Berbeda dengan mesin, yang harus dicoba dahulu untuk bisa menilainya.

Mengetahui pentingnya tampilan, membuat oknum penjual mobil bekas memanfaatkannya. Bodi mobil yang semula rusak, penuh gores dan penyok, disulap jadi mulus, dengan bantuan alat ketok magic.

Lantas, untuk terhindar dari mobil bekas ketok magic, ada beberapa hal yang perlu dikenali.

Menurut pemilik bengkel ketok magic Doa Ibu di Jalan Malaka Baru 26 Bekasi Barat, Sulyoko, tanda mobil yang pernah diketok magic adalah gradasi warna cat yang tak kompak.

"Warna cat agak belang. Setahu saya, warna cat mobil bawaan itu enggak gampang ditiru. Jadi kalau ditambal (catnya), hasilnya tetap tidak sempurna (belang)," ungkapnya, saat ditemui VIVA, Kamis, 28 Februari 2019.

Selain cat, bekas pukulan dari ketok magic juga akan tersisa. Jadi, ini juga bisa dengan mudah dikenali. "Ada bekas (pukulan) palu di bagian dalam. Kalau jumlahnya banyak, sudah pasti (bekas ketok magic)," tambahnya.

Membeli mobil bekas tentu harus cermat. Bila salah, akan berakhir kecewa. Perlu diketahui, mobil yang pernah diketok magic, adalah mobil yang pernah alami benturan. Bisa dipastikan, kualitasnya jauh dari standar kelayakan. (kwo)