Pasang Lampu LED di Motor, Lakukan Ini pada Kiprok

Lampu LED motor
Sumber :
  • Dok: Twiinhead

VIVA – Banyak pemilik kendaraan yang mengganti lampu utama dengan jenis LED. Tujuannya, agar sorot cahaya menjadi lebih terang. Namun, apakah kiprok sebagai penyuplai listrik juga perlu diganti agar lampu berfungsi baik?

Menurut pemilik toko knalpot dan aksesori BMS Motor di Jalan Kebon Jeruk I Jakarta Pusar, Acin, penggunaan LED tak harus mengganti kiprok. Pergantian tersebut bisa saja dilakukan, apabila komponen listrik yang dipasang banyak jumlahnya.

"Kalau tidak banyak aksesori yang dibebankan ke aki, tak perlu diganti. Kecuali, kalau banyak perangkat tambahan," kata Acin saat disambangi VIVA, Jumat 15 Maret 2019.

Sebagai informasi, kiprok berfungsi sebagai penstabil arus dan tegangan pada aki. Secara sederhana, perangkat tersebut mendorong kinerja pada aki. Apabila kiprok rusak, maka aki juga ikutan tak berfungsi.

Acin juga menyampaikan, selain mengganti kiprok di motor saat memasang LED, bisa juga mengganti perangkat lain dengan yang kapasitasnya lebih kecil. Hal ini dilakukan, agar aki tak menanggung beban terlalu besar, sehingga tetap awet.

"Bisa mengakalinya, dengan melakukan penghematan terhadap aksesori lain, agar aki tak terlalu menanggung beban. Misalnya, mengganti klakson atau lampu sein dengan daya yang lebih kecil," katanya.

Meskipun lampu LED dicitrakan sebagai jenis penerangan terhemat, namun pemilihan lampu juga harus disesuaikan dengan penggunaan kelistrikan di kendaraan roda dua tersebut. (ang)