Ganti Ban Mobil Hanya Satu Ternyata Bahaya, Kenapa?

Ilustrasi ban mobil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ban merupakan salah satu komponen paling vital bagi sebuah kendaraan termasuk mobil. Fungsinya yang langsung berhadapan dengan tapak jalan membuat komponen yang satu ini harus mendapat perhatian khusus.

Namun, seiring pemakaiannya, ban juga akan menipis atau mengalami kerusakan karena kontur jalanan yang kurang baik atau pun pemakaian yang lama. Yang sering terjadi, kondisi ban depan atau belakang berbeda-beda.

Bagi yang memiliki uang terbatas, biasanya hanya mengganti satu pasang ban entah di depan atau di belakang. Tapi ada juga yang mengganti salah satu ban saja. Padahal cara tersebut tidak dibenarkan, karena mobil tidak stabil.

Seperti yang disampaikan, Department Manager General Affair PT Bridgestone Tire Indonesia, Frankie Paduli. Dia mengatakan, jika salah satu ban saja yang diganti efeknya jadi tidak nyaman. Menurutnya minimal dua ban jika ingin diganti, baik itu untuk depan atau belakang.

"Kami sarankan mengganti minimal dua ban agar serasi alurnya. Kalau hanya satu, tidak stabil gripnya, karena tapak ban di sisi lainnya tidak sama, yang satu nge-grip tapi satunya lagi tidak," ujarnya baru-baru ini.

"Saat dikendarai tidak nyaman, kalau yang satu tipis dan satu masih tebal tidak stabil. Makannya kami sarankan paling tidak ganti ban dua sekaligus, kalau cuma satu saja boleh sementara jangan terlalu lama," sambungnya.