Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 22 April 2019 | 08:19 WIB

Bukan Ketumpahan Cat, Ini Arti Bulatan Kuning di Ban Mobil

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • Rtsauto
Titik kuning pada ban mobil

VIVA – Jika Anda perhatikan, hampir semua ban yang dijual dalam kondisi baru memiliki bulatan kuning di bagian pinggir. Begitu pula dengan ban yang terpasang pada mobil baru.

Meski terlihat seperti tumpahan cat, namun ternyata warna tersebut merupakan tanda, yang sengaja diberikan oleh produsen ban.

Baca Juga

Dilansir dari tires-easy, Senin 22 April 2019, warna yang diberikan setiap pabrikan ban bisa berbeda. Namun, fungsinya tetap sama, yakni sebagai penunjuk titik paling ringan dari ban tersebut.

Saat membuat ban, hampir tidak mungkin produsen mendapatkan 100 persen bobot yang sempurna di setiap sisi. Oleh sebab itu, mereka memberi tanda tersebut. Dan uniknya lagi, itu bukan hanya sebagai tanda saja.

Terpopuler

Titik paling ringan dari ban, sangat dibutuhkan saat akan dipasang ke pelek kendaraan. Sebab, hal itu berkaitan dengan keseimbangan dari roda, atau biasa dikenal dengan istilah balance.

Teknisi yang memasang ban, akan mencari titik tersebut, untuk diselaraskan dengan titik paling berat pada pelek. Kemudian, ban di-balancing. Dengan cara ini, keseimbangan roda bisa didapatkan dengan cepat dan tepat.

Ada juga produsen ban, yang menggunakan tanda itu sebagai penunjuk titik terberat. Jika itu ditemukan, maka titik tersebut harus diselaraskan dengan titik paling ringan dari pelek.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mudik dengan Mobil
OTOMOTIF - lewat 3 tahun lalu