Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 18 Mei 2019 | 15:05 WIB

10 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Lebaran

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Jeffry Yanto Sudibyo
Foto :
  • Shop and Drive
Ilustrasi bengkel mobil.

VIVA – Mobil yang hendak digunakan mudik wajib diperiksa, untuk memastikan kondisinya prima. Tujuannya agar meminimalisir masalah saat di perjalanan, dan sampai di kampung halaman dengan selamat.

Menurut rilis dari Bengkel Shop and Drive yang diterima VIVA, Sabtu 18 Mei 2019, pemilik mobil wajib melakukan pemeriksaan pada 10 komponen yang sifatnya krusial meliputi aki, oli, hingga kaki-kaki.

Baca Juga

Pertama, pengecekan kelistrikan aki untuk mengetahui voltasenya. Jika lemah, dikhawatirkan aki akan soak di tengah perjalanan dan mobil susah dihidupkan. Maka kondisi kabel dan air aki diperiksa.

Kedua adalah pemeriksaan oli mesin, transmisi dan gardan. Pergantian oli mesin sebelum perjalanan jauh penting, karena mencegah mesin over heat, keruskaan komponen lainnya.

Terpopuler

Ketiga, pemeriksaan shock breaker, karena saat perjalanan mudik tidak diduga jalanan yang dilintasi seperti apa. Keempat, filter udara wajib dibersihkan agar tidak menurunkan performa, dan bahan bakar yang boros.

Kelima, ada filter oli yang tak boleh luput dari pemeriksaan, dan filter AC agar dapat menyaring udara kotor yang dapat menimbulkan penyakit. Keenam, periksa tekanan angin, agar mobil tetap stabil saat kecepatan tinggi atau tikungan.

Lalu, ketujuh sampai kesepuluh, wajib periksa kondisi minyak rem, air radiator, wiper, lampu utama dan lampu sein. Semua komponen tersebut sangat penting fungsinya jika Anda melakukan perjalanan dekat atau jauh.

Topik Terkait
Saksikan Juga
One Way Diterapkan Lebih Awal untuk Urai Kepadatan Cikampek
TVONE NEWS - 3 bulan lalu