Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 20 Mei 2019 | 15:43 WIB

Pasang Roof Box, Ubah Gaya Berkendara Anda

Team VIVA »
Krisna Wicaksono
Jeffry Yanto Sudibyo
Foto :
  • VIVA/Pius Mali
Roof box

VIVA – Saat mudik ke kampung halaman, terkadang begitu banyak barang yang harus dibawa. Begitu pula saat kembali ke kota. Alhasil, kabin menjadi penuh dan kurang nyaman bagi penumpang.

Solusinya, para pemilik mobil menambahkan bagasi tambahan di bagian atap. Aksesori yang dimaksud adalah roof box. Peranti tersebut dipasang di atap dengan menggunakan dudukan khusus.

Baca Juga

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, pemasangan roof box harus dilakukan dengan benar. Sehingga, beratnya dapat terdistribusi secara merata antara poros depan dan belakang.

“Jangan melebihi dimensi mobil secara keseluruhan, sesuaikan panjang dan lebar roof box dengan mobil Anda,” ujarnya kepada VIVA, Senin 20 Mei 2019.

Terpopuler

Didi mengatakan, karena ada tambahan barang di atas mobil, maka hindari melaju dengan kecepatan tinggi, serta pengereman atau manuver yang tiba-tiba saat tikungan tajam.

Jika hal itu dilakukan, maka mobil dapat hilang kestabilannya. Dampaknya, mobil bisa terguling. Terutama, saat beban yang ditaruh di atas melebihi batas.

“Karena kesalahan saat pengoperasian, bisa membuat mobil terguling, tentu bisa mengakibatkan kematian atau cedera serius. Yang terpenting, berat barang yang diangkut di atap jangan melebihi 75 kilogram,” tuturnya. (dhi)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mudik dengan Mobil
OTOMOTIF - lewat 3 tahun lalu