Tombol Start Stop Tetap Berfungsi Meski Remote Lemah, Ini Caranya

Starter mobil yang dilengkapi tombol khusus untuk mematikan fitur Start-Stop.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA – Salah satu fitur yang kini banyak disematkan pada mobil baru, adalah Start Stop Button. Dengan adanya fitur tersebut, mobil tidak lagi menggunakan kunci konvensional, tetapi hanya dibekali remote untuk membuka dan mengunci pintu.

Remote tersebut juga terkoneksi dengan tombol untuk menyalakan dan mengaktifkan mesin. Saat remote ada di kabin, sinyal akan terbaca, lalu pengemudi bisa menyalakan maupun mematikan mesin melalui tombol.

Technical Service PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, pemilik mobil yang kendaraannya sudah dilengkapi dengan kunci canggih tersebut, harus memperhatikan kondisi baterai remote.

"Baterai remote itu bisa melemah. Tapi lama kok, baterainya bisa dua tahunan," ujarnya saat dihubungi VIVA, Selasa 21 Mei 2019.

Jika baterai remote lemah, kata Didi, konsumen tidak perlu panik. Sebab, fungsi tombol Start Stop masih bisa bekerja. Hanya saja, pengemudi perlu memperhatikan jarak antara remote dan tombol.

"Walaupun baterainya lemah, masih fungsi kok. Pengemudi cukup mendekatkan atau menempelkan remote ke tombol,” tuturnya.

Sementara itu, Head Product Improvement PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, sebelum remote benar-benar tidak aktif, ada tanda yang bisa diperhatikan oleh pengemudi.

"Sebelum benar benar tidak bisa start, biasanya ada tanda kedip-kedip di remote. Jadi, tidak akan tiba-tiba enggak fungsi. Nah, ini bisa menjadi perhatian pemilik mobil," ungkapnya. (ann)