Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 23 Mei 2019 | 11:42 WIB

Nyetir Mobil di Tengah Hujan Deras, Waspada Bahaya Ini

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • Carthrottle
Mengemudi mobil di tengah hujan. Foto ilustrasi.

VIVA – Genangan air yang muncul akibat hujan deras, kerap membuat kondisi jalanan menjadi rusak dan berlubang. Hal itu bisa berdampak pada rusaknya komponen kendaraan, jika dipaksa melintas dalam kondisi kencang.

Pengemudi diharapkan selalu sigap dan berhati-hati saat berkendara di jalanan, terutama pada musim hujan. Sebab, banyak lubang yang tidak terlihat, akibat tertutup genangan.

Baca Juga

Dilansir dari Gardaoto, Kamis 23 Mei 2019, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengemudi, agar kendaraan mereka tetap aman ketika melintas di jalanan rusak.

Pertama, pastikan lampu serta kaca mobil dalam keadaan baik. Dengan maksimalnya kondisi kaca dan lampu mobil, kondisi di depan mobil bisa dipantau dengan baik. Periksa juga kondisi karet penghapus kaca atau wiper.

Terpopuler

Ingat, jarak pandang bisa berkurang saat hujan deras turun. Itu sebabnya, penting untuk selalu menjaga kondisi kaca depan bebas dari kotoran dan jamur.

Kemudian, jangan mengendarai mobil terlalu dekat dengan kendaraan yang ada di depan. Tujuanya adalah, untuk mengantisipasi apabila kendaraan tersebut mengerem mendadak atau bergerak menghindari lubang. Beri jarak lima meter atau 4-6 detik.

Selalu jaga konsentrasi dan fokus saat mengemudi di jalan. Saat menghindari lubang, Anda bisa menyalakan lampu isyarat, untuk memberi peringatan pada kendaraan yang ada di belakang. (kwo)

Laporan Chalilka Putra/Jakarta

Topik Terkait
Saksikan Juga
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mudik dengan Mobil
OTOMOTIF - lewat 3 tahun lalu