Intip Keistimewaan Jok Racikan Kebon Sirih

Jok mobil karya penjahit Kebon SIrih.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Mempercantik kendaraan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menambahkan stiker pada bodi, hingga mengubah warna interiornya. 

Tak hanya itu, terkadang pemilik mobil ada juga yang ingin tampilan dalam kabin terlihat lebih sporty. Caranya, adalah dengan mengganti jok, terutama yang ada di bagian depan.

Salah satu tempat yang biasa dikunjungi untuk mengganti jok, adalah di bilangan Kebon Sirih Timur, Jakarta Pusat. Di sepanjang jalan, tampak berderet jok mobil dijajakan. Kawasan ini telah dikenal sebagai sentra pengrajin jok, sejak era 70-an.

Model dan kualitasnya juga bermacam-macam, mulai dari standar hingga yang mirip dengan yang dipasang di mobil balap.

“Harganya kalo jok bucket bisa sekitar Rp3 jutaan paling murah, paling mahal  Rp3,5 juta. Kadang tergantung negosiasi dari pembeli sama kami penjual.” ujar karyawan toko Maju Jaya sebagai salah satu penjaja jok mobil, Wahyu kepada VIVA, Jumat 24 Mei 2019.

Ia menambahkan, harga tersebut sudah termasuk jalur yang digunakan untuk maju mundur jok (rel), namun belum termasuk harga pasang.

“Bahannya juga bisa sesuai selera pembelinya. Bisa dari bahan kain, beludru, bisa juga dari kulit. Harganya sudah termasuk itu semua,” tuturnya.

Laporan Chalilka Putra/Jakarta