AC Mobil Rusak? Ini Kisaran Biaya Servisnya

Ilustrasi AC mobil
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pendingin kabin atau air conditioner, menjadi salah satu peranti yang banyak dibutuhkan oleh para pengguna mobil di kota besar. Tanpa adanya fitur ini, perjalanan dipastikan tidak akan nyaman.

Sama seperti komponen mobil lainnya, AC juga memerlukan pemeriksaan secara berkala. Jika tidak dilakukan, maka bisa saja mengalami masalah atau kinerjanya menurun.

”Hal yang pertama perlu Anda servis, yakni evaporator-nya. Kendala ini biasanya terjadi, pada kendaraan usia lima tahun ke bawah. Itu kami bersihkan terlebih dahulu.” ujar pemilik bengkel Wijaya AC Mobil, Reza kepada VIVA di Jakarta, Selasa 28 Mei 2019.

Jika usia mobil lebih dari lima tahun, maka ada banyak komponen AC yang harus diperiksa dan dibersihkan. Mulai dari evaporator, kondensor atau selang. Umumnya, kebocoran terjadi pada tiga komponen itu.

“Biaya servis kalau mobil Jepang itu sekitar Rp500 sampai Rp750 ribuan, mobil Eropa sekitar Rp2 jutaan. Servis tersebut sudah termasuk isi freon.” tuturnya.

Biaya akan membengkak, apabila ada komponen yang rusak dan harus diganti. Angkanya bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu komponen.

“Jika terjadi kerusakan pada komponen AC, seperti kondensor, itu harganya Rp1 jutaan untuk mobil Jepang, mobil Eropa bisa sekitar Rp3 jutaan. Harga evaporator sama dengan kondensor. Kalau kompresor, harganya Rp2-5 jutaan,” jelasnya. (kwo)

Laporan Chalilka Putra/Jakarta