Awas, Wangi Mobil Baru Bisa Bikin Sakit Kanker

Ilustrasi mobil.
Sumber :
  • Pixabay/jjnanni

VIVA – Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh mobil baru, adalah aroma kabinnya. Tidak sedikit orang yang menyukai wangi tersebut. Beberapa produsen wewangian, bahkan menjual produk yang khusus mengeluarkan aroma itu.

Sayangnya, berdasarkan penelitian terbaru, harum semerbak yang khas itu justru bisa memicu penyakit kanker. Seperti dilansir dari CBS, Senin 10 Juni 2019.

Seorang peneliti mikroba bersertifikat dan juga pendiri RTK Environmental Group, Robert Weitz mengatakan, bahwa aroma mobil baru yang Anda cium berasal dari molekul yang diberi nama volatile organic compounds atau VOC.

VOC dikandung oleh material yang ada pada komponen kabin mobil. Mulai dari dasbor, jok hingga panel pintu. Molekul tersebut akan mengalami penguapan, terutama saat terpapar suhu panas.

Saat pertama kali menguap, molekul tersebut tidak berbahaya bagi manusia. Namun, dalam jangka panjang sifatnya berubah menjadi racun. Apabila dihirup dalam jumlah banyak, maka bisa memicu timbulnya beberapa penyakit.

Weitz menyatakan, daftar penyakit yang bisa diakibatkan VOC meliputi sesak napas, sakit kepala, nyeri sendi, hingga kanker.

Oleh sebab itu, ia menyarankan para pemilik mobil baru untuk membuka kaca jendela, setiap kali hendak berkendara. Dengan cara ini, molekul VOC yang ada di dalam kabin bisa cepat dibawa keluar oleh udara.

Laporan Chalilka Putra/Jakarta