Pulang Mudik Jangan Langsung Nyalakan Mesin Motor

Ilustrasi sepeda motor.
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Dian Wijanarko.

VIVA – Lebaran telah usai. Para pemudik mulai kembali ke tempat perantauan masing-masing. Sebagian dari mereka memilih transportasi umum agar lebih praktis dan tidak lelah.

Saat telah tiba di kota, mereka tentu butuh pergi membeli makan atau berbelanja kebutuhan sehari-hari. Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan andalan untuk keperluan itu.

Namun, ada satu hal yang perlu dilakukan para pemilik kuda besi, sebelum menghidupkan mesin motor usai ditinggal mudik lama. Seperti yang dilansir dari 100kpj, Senin, 10 Juni 2019.

Hal yang dimaksud adalah menggunakan starter engkol dalam kondisi kunci kontak mati. Ini penting untuk dilakukan agar mesin tidak rusak ketika dikendarai.

Saat motor dibiarkan terparkir selama berhari-hari, semua pelumas yang ada di dalam mesin akan turun ke bak penampungan. Otomatis, jalur yang seharusnya dialiri oleh oli menjadi kering.

Jika mesin langsung dihidupkan, dikhawatirkan terjadi gesekan berlebihan, yang dapat menimbulkan kerusakan. Dengan mengengkol selama 10-15 kali, maka proses sirkulasi dapat dimulai, tanpa takut mesin bekerja berlebihan.

Untuk mempermudah mesin hidup, pemilik motor bisa memanfaatkan tombol choke, yang fungsinya mengurangi asupan udara. Ini berlaku hanya untuk motor yang masih menggunakan sistem pengabutan karburator. (ase)