Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 13 Juni 2019 | 16:47 WIB

Perlu Tidak Mobil Baru Diservis Pasca Mudik, ini Kata Ahlinya

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Jeffry Yanto Sudibyo
Foto :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
Servis mobil. Foto ilustrasi.

VIVA – Setelah pulang dari kampung halaman, tidak ada salahnya memeriksa mobil yang Anda gunakan untuk mudik. Dengan berbagai macam kondisi jalan, bisa saja ada komponen yang mengalami masalah.

Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa komponen yang wajib diperiksa usai mobil menempuh perjalanan jauh, agar kondisinya tetap prima.

Baca Juga

"Jika jalan yang dilewati berdebu, tentu saringan udara sudah harus dibersihkan atau diganti. Kaki-kaki periksa, kampas rem lihat ketebalannya," ujarnya kepada VIVA, Kamis 13 Juni 2019.

Lebih lanjut Didi menjelaskan, segala jenis cairan pun harus diperiksa. seperti minyak rem, air radiator, dan  air aki bagi yang belum menggunakan aki kering. Soal oli mesin, ia menyarankan untuk memeriksa levelnya saja.

Terpopuler

"Toyota menyarankan servis berkala setiap enam bulan, salah satunya melihat dari kemacetan yang ada. Jika mobil sudah servis sebelum mudik, enggak perlu servis kembali, kecuali ada permasalahan," tuturnya.

Hal senada disampaikan Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi. Dia mengatakan, mobil yang tergolong baru tidak perlu melakukan pemeriksaan berlebih, pasca dipakai mudik.

"Jika tidak ada masalah saat mudik, tidak ada yang perlu diganti. Misalnya, tidak ada masalah pada mesin, kaki-kaki, transmisi, atau lampu," kata dia. (ren)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Ribuan Pemudik Mulai Padati Pelabuhan di Berbagai Daerah
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu