Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 17 Juni 2019 | 15:13 WIB

Sebelum Mulai Kerja Lagi, Lakukan Hal Ini pada Mobil Kesayangan

Team VIVA »
Krisna Wicaksono
Pius Yosep Mali
Foto :
  • Dok: Hunter
Pemeriksaan kaki-kaki mobil

VIVA – Libur Lebaran dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. Banyak dari mereka yang menggunakan transportasi pribadi, termasuk mobil. Jarak tempuhnya bervariasi, ada yang dekat maupun jauh.

Usai kembali ke perantauan, ada baiknya mobil yang digunakan untuk mudik diperiksa. Terutama, kondisi di kolong mobil. Sebab, komponen kaki-kaki bekerja keras selama perjalanan

Baca Juga

Toyota Auto2000 melalui keterangan resminya, Senin 17 Juni 2019 mengatakan, bagian kaki-kaki serta ban menjadi bagian yang harus mendapat perhatian pemilik kendaraan, sebelum kembali melakukan rutinitas.

Ibarat sepatu, tugas ban terbilang sangat berat. Cek ulang tekanan angin ban, pastikan sesuai rekomendasi pabrikan. Lihat secara menyeluruh kondisi fisik ban, mulai dari telapak ban hingga dinding. Ukur ketebalan telapak ban, dan pastikan tidak ada cacat fisik. Jangan lupakan ban serep.

Terpopuler

Selain ban, bagian kaki-kaki mobil juga harus mendapat perhatian. Meski berada di kolong mobil, komponen ini yang nantinya memengaruhi kenyamanan dan kestabilan mobil saat dikemudikan. Periksa jika ada kebocoran pelumas, karet getas atau sobek.

Jika keausan ban tidak merata atau arah mobil terlihat tidak benar, pemilik bisa membawa kendaraan ke bengkel spooring dan balancing.

Sementara itu, Daihatsu melalui siaran pers menjelaskan, perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama memberikan beban tinggi pada sektor pengereman. Itu sebabnya, peranti ini juga perlu diperiksa.

Seusai mudik, pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik. Keausan kampas bisa diketahui, saat injakan pedal menjadi lebih dalam atau timbul bunyi saat pedal rem diinjak. 

Jika ragu, coba amati kondisi kampas rem. Namun, hal ini hanya berlaku untuk sistem pengereman model cakram. Sebab, rem teromol tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mudik dengan Mobil
OTOMOTIF - lewat 3 tahun lalu