Ilmu Baru, Cat Doff Juga Bisa Dilapisi Coating

All new PCX versi lokal meluncur di Jakarta.
Sumber :
  • AHM

VIVA – Warna doff atau matte pada kendaraan, saat ini menjadi tren. Sejumlah pabrikan motor pun berlomba-lomba merilis produk baru, dengan warna tersebut. Mulai dari hitam, abu-abu sampai merah.

Biasanya, perawatan bodi motor dengan warna tersebut agak sulit. Cat akan terlihat belang, terpapar cairan yang mengandung minyak.

Namun siapa sangka, cat doff ternyata bisa dilapisi coating. Meski, umumnya lapisan yang terbuat dari bahan keramik atau safir tersebut membuat warna menjadi mengilap.

“Kami sudah pernah coba di Pajero Sport dan PCX. Justru, warna doff-nya lebih awet dan bagus,” ujar Presiden Direktur Makko Group dan Top Coat Indonesia, Christoper kepada VIVA, Rabu 26 Juni 2019.

Dia mengaku, setelah dilapisi coating, warna doff tidak berubah jadi mengilap. Menurutnya, bahan coating racikannya hanya membersihkan, tidak mengubah warna aslinya.

“Fungsi coating mempertahankan warna cat asli, bukan mengilapkan. Kalau warna standar, bisa mengilap karena sudah bersih. Jamur, baret halus, dan kotoran sudah terangkat saat detailing,” katanya.

Christoper menjelaskan, yang tidak bisa dilapisi bahan coating adalah jika bodinya dilapisi stiker. Karena, bahan dasar coating dibuat untuk menyatu dengan permukaan cat, bukan stiker.

“Harga coating cat doff sama. Untuk motor, bahan sapphire serum Rp900 ribu sampai Rp1,5 juta, coating ceramic Rp800 ribu sampai Rp1,3 juta,” tuturnya. (kwo)