Ternyata, Semua Oli Mesin Itu Sama

Ilustrasi pelumas kendaraan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Setiap kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor maupun mobil, membutuhkan pelumas mesin. Cairan kental itu digunakan, agar pergerakan komponen menjadi lancar dan minim gesekan.

Seiring pemakaian, pelumas atau oli perlu diganti. Masing-masing pemilik kendaraan, punya preferensi soal merek dan tipe oli yang diisi ke mesin kendaraan mereka. Ada yang memilih harga murah, ada juga yang membeli produk mahal.

Meski harganya berbeda, namun ternyata semua pelumas menggunakan bahan dasar yang sama. Hal itu diungkapkan oleh Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosadi.

Ia menjelaskan bahwa perbedaan harga disebabkan oleh bagaimana pelumas itu diracik. Termasuk, bahan aditif apa yang digunakan.

“Basisnya, oli itu semua sama. Yang membedakan, bahan aditifnya,” ujarnya di ICE BSD, Tangerang, Sabtu 20 Juli 2019.

Anjar mencontohkan, pelumas Daihatsu Genuine Oil (DGO) sudah dirancang khusus untuk diisi ke semua kendaraan merek Daihatsu. Aditif yang digunakan, disesuaikan dengan spesifikasi dari mesin produsen mobil asal Jepang tersebut.

“Direkomendasikan untuk mobil Daihatsu. Tapi, jika ingin dipakai di mobil merek lain yang spesifikasinya mirip, bisa saja,” tuturnya.

Untuk mencegah pemalsuan, DGO sudah diberi beberapa pengaman. Pelumas yang menggunakan bahan dasar dari Pertamina itu juga sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia atau SNI. Harga jualnya mulai dari Rp80 ribu, untuk tipe 10W-40.