Hati-hati, Aki Soak Bisa Bikin Bencana

Ilustrasi jumper aki mobil
Sumber :
  • Consumerreports

VIVA – Sistem kelistrikan memegang peranan penting pada kendaraan bermotor. Tanpa adanya arus listrik, maka mesin tidak bisa hidup dan penumpang bakal tidak nyaman akibat penyejuk kabin tidak berfungsi.

Sumber listrik utama pada kendaraan, yaitu aki. Benda berbentuk kotak tersebut berisi sel-sel, yang fungsinya menyimpan arus listrik. Daya setrum yang dipakai, akan dikembalikan oleh alternator.

Saat ini, produsen sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memaksimalkan usia pakai aki. Meski demikian, bukan berarti pemilik kendaraan tidak perlu memeriksanya secara berkala.

Aki yang kurang setrum, bisa diketahui melalui beberapa cara. Seperti yang diungkapkan National Business Manager MPM Parts, Andy Chandra.

“Coba tekan klakson, nyalakan lampu. Kalau lemah, berarti tegangan kurang dari 12,4 Volt. Perlu dicas,” ujarnya di ICE BSD, Tangerang, Selasa 23 Juli 2019.

Pemilik kendaraan, kata Andy, sesekali wajib melakukan pemeriksaaan kondisi aki. Sebab, aki yang soak bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sekarang kan zaman mobil pakai mesin injeksi. Pada beberapa tipe, kalau aki tiba-tiba rusak, maka mesin bisa mati saat mobil sedang dikendarai,” tuturnya.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Andy menyarankan agar pemilik kendaraan tidak sembarangan memilih aki. Cari yang sesuai dengan tipe, dan membelinya di tempat resmi.

Sebagai informasi, MPM Parts baru saja meluncurkan produk aki baru, yakni Hitachi. Ada tiiga model yang ditawarkan, yakni aki konvensional, maintenance free dan aki khusus sepeda motor.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan, yakni adanya katup khusus yang berfungsi mengalirkan kembali air aki yang menguap. Jadi, pemilik kendaraan tidak perlu melakukan isi ulang air secara rutin.