Jangan Asal Seka Jok Kulit Pakai Lap

Ilustrasi interior jok kulit.
Sumber :
  • Foto: Dok Mercedes-Benz

VIVA – Selain eksterior, interior juga perlu mendapat perhatian pemilik mobil. Sebab, bagian ini sangat menunjang kenyamanan saat berada di dalam mobil, baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Banyak pemilik mobil merogoh kocek jutaan rupiah, untuk mendandani kabin kendaraannya. Sayangnya, meski interior sudah terlihat keren dan membuat nyaman, ada saja yang kurang paham cara merawatnya.

Chief Executive Officer Classic Car Interior, Hardianto mengatakan, merawat interior mobil standar maupun yang sudah didandani, sebetulnya bukan perkara yang sulit. Bahkan, bisa dilakukan sendiri oleh pemilik mobil ketika memiliki waktu luang.

"Perawatan sebenarnya enggak sulit. Cukup dibersihkan dengan penyedot debut saat mobil dicuci, kemudian karpet atas bisa dibersihkan juga," ujarnya kepada VIVA, Kamis 1 Agustus 2019.

Untuk bagian jok dan dasbor mobil yang sudah dilapis ulang, kata dia, pemilik mobil perlu sedikit berhati-hati. Sebab, pelapis dengan bahan kulit asli maupun sintetis, disarankan hanya untuk dilap menggunakan kain bersih.

"Kalau cuci di bengkel steam, sebaiknya tanya dulu bahannya, atau lebih baik bagian yang sudah diganti enggak usah di lap. Takutnya, lap yang dipakai bercampur untuk bersihkan bagian lain," tuturnya.

Dia mengatakan, hindari pemakaian obat atau semir yang membuat jok dan dasbor menjadi mengilap. Untuk membersihkan bahan kulit maupun sintetis pada bagian jok, dasbor, doortrim, hingga setir, kini sudah tersedia bahan pembersih khusus.

"Bahannya enggak bikin pelapis kulit jadi mengkilap. Jadi, bukan kayak semir, tapi bisa mengangkat kotoran," jelasnya. (kwo)