Begini Cara Lolos dari Jebakan Pedagang Mobil Culas

Penjualan Mobil Bekas Jelang mudik Lebaran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Membeli mobil bekas menjadi solusi ampuh bagi masyarakat, yang ingin punya kendaraan namun dananya terbatas. Model yang ditawarkan di ruang pamer pun beragam, mulai dari mobil perkotaan hingga sport utiltity vehicle.

Pedagang mobil bekas dari showroom Nusa Indah Mobil, Riky Vinardo mengatakan, pembeli mobil bekas saat ini tak perlu takut dicurangi oleh pedagang. 

"Dulu kan, asumsinya beli mobil bekas itu mengerikan. komponen banyak diakali pedagang. Sekarang, enggak mengerti mobil, bisa minta bantuan pihak ketiga untuk mengecek kondisinya," ujarnya saat ditemui VIVA di Jakarta, Kamis 1 Agustus 2019.

Terkait surat-surat, kata Riky, pembeli bisa melakukan pengecekan secara online. Hal ini bisa mengurangi risiko membeli kendaraan yang tidak memiliki surat-surat resmi, atau diistilahkan sebagai mobil bodong'.

"Kalau pedagang yang benar, sekarang justru malah bisa lebih percaya diri jualannya. Kecuali pedagang culas, biasanya malah khawatir," tuturnya.

Sementara itu, Senior Marketing Manager sentra mobil bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih menyebut, membeli mobil bekas kini juga lebih mudah, karena konsumen bisa melakukan pengecekan harga secara online

"Kalau sudah tahu maunya mobil apa, bisa cek dulu harganya. Jadi, ke showroom tinggal lihat barang. Kalau pas, bisa langsung bayar," jelasnya. (yns)