Cara Ampuh Bedakan Jok Kulit Asli dan Sintetis, Pakai Api

Tes kualitas jok kulit
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Membungkus ulang jok jadi cara ampuh, agar pengemudi dan penumpangnya betah di dalam mobil. Bahan yang dipakai untuk melapisi kursi biasanya ada dua jenis, yakni kulit asli dan sintetis.

Chief Executive Officer Classic Car Interior, Hardianto mengatakan, kedua bahan itu umum dipakai oleh bengkel maupun toko spesialis interior mobil. Meski sekilas terlihat sama, namun hasil yang didapat akan berbeda.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara membedakan dua bahan itu. Mereka umumnya hanya melihat dan meraba bahan yang dipilih.

"Sebaiknya, konsumen tahu perbedaannya. Biar enggak menyesal pas sudah dipasang di kursi mobilnya," ujarnya saat dihubungi VIVA, Rabu 7 Agustus 2019.

Hardianto menjelaskan, api menjadi media yang ampuh untuk mengetahui perbedaan kulit asli dan sintetis. Namun, ada teknik yang harus diketahui.

"Kalau dibakar di permukaan, mau sampai panas juga enggak pengaruh. Panaskan dari ujung bahan, itu kan pasti ada nyala api. Bahan kulit, apinya lama menyebar, kalau sintetis langsung nyala api besar. Bau asapnya juga akan beda," tuturnya.

Cara lainnya untuk membedakan kedua bahan itu, adalah dengan meremasnya. Akan terlihat kerutan yang berbeda antara kulit dan sintetis. 

"Saat sudah dipasang pada jok mobil, kenyamanan kedua bahan ini pun berbeda. Semahal apa pun bahan sintetis, pasti akan terasa panas," jelasnya. (yns)