Kaca Helm Lecet? Coba Deh Bikin Rapi Pakai Cara Ini

Helm
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Setiap pengendara motor wajib mengenakan helm, ketika melintas di jalan raya. Alat pengaman kepala itu bentuknya bermacam-macam, ada yang full face dan half-face.

Kebanyakan, helm yang disukai oleh para pengendara motor di Indonesia yakni yang memiliki kaca. Sebab, benda bening tersebut ampuh menangkal debu yang bertebaran di jalan.

Sayangnya, tidak mudah menjaga kondisi kaca helm agar tetap mulus. Ada saja hal yang membuatnya lecet atau tergores, mulai dari jatuh ketika digantung di spion, hingga terkena lontaran kerikil yang berasal dari kendaraan di depan.

Hal itu tentu sangat menjengkelkan, terutama jika helm yang Anda miliki harganya cukup mahal. Mau ganti kaca, uang yang dikeluarkan tidak sebanding dengan lecet yang hanya sedikit. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Senin 12 Agustus 2019, ada satu cara yang bisa Anda coba, untuk mengembalikan kondisi kaca helm seperti semula. Modalnya cukup ampelas dengan tingkatan yang paling halus, dan kompon putih.

Pertama, lepas kaca dari helm. Lalu, cuci kaca dengan deterjen untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel. Tidak perlu dikeringkan, karena tahap berikutnya masih menggunakan air.

Sembari diguyur dengan air yang mengucur dari keran, gosok bagian yang baret dengan ampelas pelan-pelan. Lakukan dengan hati-hati, sebisa mungkin tidak memakai tekanan berlebih.

Jika sudah selesai, maka kaca akan terlihat kusam. Keringkan kaca, kemudian gosok bagian yang buram menggunakan kompon putih. Saat melakukannya, pastikan memakai kain yang paling halus. (ren)