Isi Bensin Malam Hari Dapatnya Lebih Banyak?

Mengisi bensin di SPBU.
Sumber :
  • Daihatsu

VIVA – Banyak cara ditempuh pemilik kendaraan, agar mereka tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli bahan bakar. Mulai dari membeli mobil yang irit BBM, hingga mencari rute yang pendek dan tidak macet.

Tidak sedikit pula yang mengakali bahan bakar agar hasil pembakarannya lebih sempurna. Ada juga yang mengikuti saran yang kembali viral di dunia maya, yakni mengisi bensin saat malam hari.

Dilansir dari laman Suzuki, Rabu 14 Agustus 2019, suhu dingin memang bisa memengaruhi jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam tangki. Saat suhu menurun, maka molekul bahan bakar akan menjadi lebih padat.

Dengan semakin padatnya molekul bahan bakar, maka bobotnya menjadi lebih berat. Itu sebabnya, di bidang olahraga balap, BBM dihitung dalam satuan berat, bukan volume.

Baca Juga: Bikin Rapi Kaca Helm yang Lecet

Nah, malam hari kan identik dengan suhu dingin. Jadi, banyak yang menganggap bahwa bensin yang dibeli saat malam hari, jumlahnya akan lebih banyak dari siang hari.

Jika dihitung secara rinci, maka satu liter bahan bakar dalam kondisi dingin dan panas, bobotnya akan berbeda. Tapi, selisihnya tidak banyak, dan tidak signifikan untuk bisa mendapat keuntungan.

Secara teori, butuh selisih suhu puluhan derajat Celcius dan volume bahan bakar yang sangat banyak, untuk bisa mendapatkan keuntungan dari perbedaan suhu. Sementara, selisih suhu Jakarta di siang dan malam hari tidak lebih dari 4-6 derajat Celcius.