Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 15 September 2019 | 19:16 WIB

Gak Susah, Ini Cara Jitu Agar Motor 'Panjang Umur'

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • Dok: Astra Motor
Servis motor Honda.

VIVA – Kendaraan roda masih menjadi alat transportasi andalan masyarakat saat ini. Banyak model yang beredar di pasar otomotif nasional mulai dari jenis bebek atau underbone, sport hingga matik. 

Meski sudah dibenamkan tekonologi canggih, sepeda motor harus mendapat perawatan dari pemiliknya. Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno memberikan trik jitu agar tunggangan Anda 'panjang umur'. 

Baca Juga

Untuk motor jenis bebek dan sport yang paling penting adalah melakukan perawatan rantai roda. Bahkan bagian ini pemilik harus rajin-rajin memeriksa fisiknya. 

"Kita harus perhatikan fisiknya dulu, fisiknya bisa dilihat apakah kering atau kendor. Kalau kendor berarti kita harus melakukan penyetelan dan bila kering harus dilumasi," kata Endro di Jakarta, Minggu 15 September 2019. 

Terpopuler

Ia mengatakan, rantai mudah kering jika sering terguyur hujan. Setidaknya, pemilik melumasi rantai roda setiap sepekan sekali. 

"Kalau kotor dan kendor, itu mengakibatkan rantai cepat aus. Usianya tergantung pemakaian dan perawatan. Kalau perawatannya molor bisa hanya sampai setahun," ungkapnya. 

Endro menjelaskan, bagi skuter matik yang perlu diperhatikan adalah Continously Variable Transmission atau disebut CVT. Bagian ini punya waktu pemeriksaan rutin. 

"CVT ini tiap 8.000 kilometer diperiksa. Karena bisa jadi ada yang kotor, atau aus," ujar dia.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mudik dengan Mobil
OTOMOTIF - lewat 3 tahun lalu